18 Februari 2018 /

Cara Membuat Panel Board Lukisan Sendiri


Gambar di atas adalah contoh panel board lukisan yang sudah saya buat

Oke! berikut ini adalah artikel pertama saya di blog ini. Dan sebagai pembuka, saya ingin membagikan tips tentang cara membuat papan panel lukisan (Panel board) dengan biaya serendah mungkin. Ini akan sangat berguna terutama bagi Anda yang masih dalam tahap awal belajar melukis.



Seperti yang Anda tahu, bahwa harga untuk sepotong panel board lukisan cukup mahal. Sementara sebagai pelukis, melakukan studi warna dan praktek melukis lainnya adalah suatu keharusan untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Dan menggunakan panel board lukisan yang mahal hanya untuk latihan menurut saya adalah pemborosan uang. Maksud saya, jika Anda membuat lukisan untuk pameran dll menggunakan papan panel berkualitas baik adalah suatu keharusan demi "kualitas produk" Anda. Tetapi di sini kita akan mencoba mengurangi biaya pembuatan panel board untuk tujuan studi praktek melukis.

Jadi, dengan membuat papan panel lukisan Anda sendiri adalah alternatif yang baik untuk mengurangi biaya.

Ok, di bawah ini beberapa hal yang Anda butuhkan dan cara membuat papan panel lukisan sendiri.




Bahan yang diperlukan untuk membuat panel board lukisan

Di bawah ini adalah beberapa materi yang perlu Anda siapkan;
  • Papan MDF - 5 ml meter tebal (Untuk memudahkan Anda dapat membeli papan yang sudah dipotong)
  • Acrylic Gesso untuk priming papan (Anda dapat membeli dari toko seni lokal, membeli yang murah)
  • Kuas (Untuk mengoleskan gesso ke papan, biasanya di toko seni memiliki kuas khusus untuk gesso tetapi menggunakan kuas standar 2 inci juga tidak masalah)
  • Pernis kayu yang water based (Ini opsional untuk melapisi bagian belakang papan kanvas untuk mencegah jamur atau serangan kutu kayu)
  • Amplas (Gunakan yang halus; 1000 grit bagus)

Cara membuat panel board lukisn

Pertama, Anda perlu memotong papan MDF Anda menjadi bagian-bagian kecil. Rekomendasi saya adalah 30 x 40 cm atau 20x 30 cm jika Anda membeli papan yang belum dipotong (1,2 mx 2,4 m)

Kecuali jika Anda pandai menggunakan gergaji tangan, akan lebih baik untuk meminta bantuan dari tukang kayu yang Anda kenal untuk memotongkan papan Anda.

Ketika papan Anda siap amplas semua papan dengan amplas untuk membuat gesso lebih mudah menempel dengan baik di papan dan jangan lupa untuk menyekanya untuk membersihkan debu setelah Anda selesai.

Kemudian melapisi papan MDF dengan akrilik gesso pada masing-masing papan, jangan lupa untuk juga melapisi ke sisi sisi papan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini


Untuk sisi lain papan (sisi belakang) Anda dapat membiarkannya seperti itu atau bisa melapisinya dengan pernis kayu nantinya.

Biarkan mereka mengering sekitar satu sampai dua jam. Ketika sudah kering, aplikasikan pengamplasan lapisan pertama gesso tadi dengan kertas amplas lagi, tapi kali ini lakukan dengan lebih lembut dan kemudian ulangi proses sampai tiga kali untuk hasil yang lebih baik.

Untuk membuat kuas anda mengalir dengan mudah ketika melapisi papan MDF dengan gesso, Anda dapat membasahinya dengan air tetapi lebih baik jangan terlalu banyak.

Setelah Anda melakukan priming/pelapisan dasar pada sisi utama panel dengan gesso, sekarang saatnya untuk melapisi sisi belakang panel dengan pernis kayu. Ini adalah opsional, tetapi karena papan MDF dapat dengan mudah "diserang" oleh lapisan jamur dan lumut maka dengan melapisinya dengan vernis akan mencegah dari serangan hama kayu.

Oleskan pernis dengan kuas yang lain jangan gunakan kuas yang Anda gunakan untuk gesso, untuk hasil yang lebih baik menerapkan dua lapisan pernis pada setiap belakang panel board lukisan.

Catatan! hanya aplikasikan pernis kayu di sisi belakang jangan diaplikasikan pada sisi gesso agar papan anda tampak rapi.

Dan ketika panel board lukisan yang anda buat sudah kering, sekarang anda memiliki banyak panel board lukisan untuk latihan dan study seni rupa Anda.


Kesimpulan

Ketika anda mulai membuat sendiri panel board lukisan di praktikan, sebenarnya tidak sulit kok! dan tentunya dapat menghemat anggaran Anda.

Jika Anda ingin membuat panel board lukisan yang sifatnya untuk komersial atau untuk tujuan produksi "Komersial", Anda dapat menggunakan papan Masonite dengan metode yang sama dan Anda akan memiliki panel board lukisan "premium"

Oke, saya harap artikel singkat ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini

Gunakan tombol berbagi sosial di halaman ini untuk membagikan artikel ini ke teman facebook atau twitter Anda

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar