29 Maret 2018 /

Cara Mudah Belajar Melukis Secara Akurat


Lukisan plein air saya :)

Halo! dalam posting ini saya ingin berbagi tips singkat tentang cara melukis secara akurat dari obyek real, dengan menggunakan teknik pengukuran dan intuisi Anda.



Melukis langsung dari kehidupan benar-benar bagus untuk membuat intuisi Anda tajam sebagai pelukis.

Tidak apa-apa melukis dari foto sih, tetapi Anda juga perlu melukis langsung dari kehidupan
jika Anda ingin keterampilan Anda menjadi lebih baik. Ini sudah saya buktikan sendiri

Di sini, saya menggunakan model still life sebagai contoh, teko Arab dengan latar belakang satin merah. Saya menggunakan cat minyak dan menggunakan papan panel ukuran 30 x 40 cm sebagai media saya.

Sebenarnya teknik ini juga sangat membantu melukis potret dari foto, jika Anda adalah seorang seniman potret.

Okey, mari kita mulai!




Masukkan objek / model ke desain kanvas Anda untuk melukis secara akurat

Terlepas dari ukuran kanvas yang Anda gunakan, untuk menempatkan desain obyek pada kanvas Anda, mulailah dengan membuat skala. Dalam contoh ini teko emas Arab yang saya gunakan sebagai model / objek. (Teko ini tidak dibuat dengan emas asli)



Mulailah membuat sketsa dan mulailah menentukan posisi dan ukuran serta lebar model, tinggi dan ruang dari objek utama dari garis tepi kanvas.

Gunakan kuas dan picingkan mata Anda untuk mengukur setiap sudut yang berkorelasi dengan posisi vertikal / horizontal yang membentuk bentuk model itu sendiri, dan usahakan untuk tetap fokus pada saat Anda melakukan sketsa.



Saya biasanya membuat sketsa menggunakan cat minyak warna burnt Umber yang saya encerkan dengan turpentine atau mineral spirits. Jika Anda suka menggunakan pensil atau charcoal untuk membuat sketsa, itu bagus juga! ini hanya tentang kebiasaan. Anda bisa lihat contoh gambar di bawah sebagai referensi.

Lihat korelasi antara garis sudut dengan posisi vertikal dan horizontal

Selalu periksa sketsa Anda dengan menyipitkan mata dan mengukur menggunakan kuas atau pensil Anda sampai Anda merasa sketsa Anda sudah benar dan akurat.

Mengukur menggunakan kuas

Tips saya: Pastikan untuk menjaga punggung dan leher Anda tetap lurus ketika melukis dan ketika proses membuat sketsa, itu akan membantu Anda untuk melihat hukum perspektif dengan lebih baik.

Ketika Anda selesai membuat sketsa, istirahat sekitar lima belas menit untuk membiarkan turpentine agak kering dan tidak berbau.

Mulai goreskan lapisan cat pertama


Terlepas dari apa gaya melukis yang ingin Anda capai. Intinya adalah, ketika Anda berhasil membuat sketsa model yang akurat. Di bagian pewarnaan, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan mengikuti sketsa dasar tadi.

Saya selalu percaya apa yang intuisi lihat di awal sketsa dan baru kemudian melakukan beberapa improvisasi saat bekerja dengan warna, yaitu dengan selalu memeriksa kembali menggunakan mata yang di sipitkan dan measuring/pengukuran menggunakan kuas.

Menyipitkan mata dan menyipitkan mata lagi.

Dan hasilnya ...


Foto lukisan di atas masih basah, jadi untuk melihat gambar yang lebih baik dari lukisan ini anda bisa cek di sini: Arabian Teapot Painting

Ok!

Itu adalah tip singkat tentang bagaimana teknik pengukuran dengan kuas, yang akan sangat berguna jika dikombinasikan dengan intuisi untuk melukis secara akurat dari model/objek langsung dari kehidupan maupun dari foto.

Dan sampai ketemu di blog berikutnya, selamat melukis :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar