You are here: Home / Kenapa Lukisan Cat Minyak Berjamur & Cara Membersihkanya

Kenapa Lukisan Cat Minyak Berjamur & Cara Membersihkanya

/

Untuk anda para penyuka lukisan, teman teman sesama pelukis. Juga untuk anda yang memang seorang kolektor. Yang menemukan bahwa lukisan cat minyak yang anda pajang
di rumah anda ternyata berjamur.

Nah di artikel ini saya akan menjelaskan apa sebenarnya penyebabnya serta tips cara membersihkan dan cara merawat lukisan cat minyak.

Saya akan mencoba menjelaskannya sebagai pecinta sekaligus sebagai pelukis yang menggunakan medium cat minyak untuk saya berseni rupa. Artikel ini terinspirasi karena saya teringat sebuah obrolan dengan beberapa orang yang mempunyai koleksi lukisan cat minyak.
Dan kebanyakan mereka mengeluhkan tentang lukisan yang mereka pajang di rumah berjamur. Meski sudah di bersihkan, si jamur ini selalu kembali lagi dan lagi.

Kenapa Lukisan Cat Minyak Berjamur?

Lukisan cat minyak berjamur, di sebabkan lukisan anda pada dasarnya belum di varnish.

Ya! kebanyakan orang memesan lukisan potret cat minyak karena ingin lekas jadi dan langsung di pajang di rumah.

Sementara, untuk sebuah lukisan cat minyak bisa benar benar kering dan siap di finishing dengan varnish khusus lukisan membutuhkan waktu setidaknya enam bulan.

Apa yang terjadi jika lukisan cat minyak yang usianya di bawah enam bulan di finishing dengan varnish? 

Oops! lukisan anda bisa mblobor kalau bahasa jawanya atau melepuh seperti di filmnya Mr. Bean. Jadi jangan coba coba deh. Tunggu hingga enam bulan atau lebih untuk amannya.

Jadi cukup jelas bahwa, jika lukisan yang anda punya dirumah berjamur. Itu karena lukisanya belum di lapisi varnish khusus lukisan.

Ada beragam jenis dan merk varnish lukisan yang beredar pasaran. Dari yang harganya cukup terjangkau sampai harga yang WOW!

Contoh jenis varnish lukis: Damar varnish, Matt Varnish, Crystal Varnish dll.

Pengaplikasianya: Ada yang ready spray (model semprot) dan model standard yaitu dengan secara manual di kuaskan secara merata di atas permuka'an lukisan yang sudah siap finishing.

Fungsi varnish lukisan disini adalah untuk melapisi, melindungi dan mempertajam warna lukisan.
Anda bisa coba cek di toko online langganan saya tempat belanja alat lukis atau di halaman toko Bukalapak berikut.


Ingat jangan sampai keliru yang untuk cat acrylic loh ya!

Bagaimana Cara Merawat Lukisan Yang Belum Siap Di Varnish

Jika lukisan yang anda punya belum berusia lebih dari enam bulan. Maka yang bisa anda lakukan adalah merawat dan menjaganya agar tetap bersih dari debu dan jamur. Sebelum lukisan siap di finishing dengan varnish.

Cara membersihkanya adalah dengan menggunakan kuas baru kering dan bersih. Lakukan di luar ruangan. Dan jemur beberapa menit di bawah sinar matahari langsung jika lukisan anda berjamur.

Bagaimana jika jamur di lukisan susah di bersihkan dengan kuas 'kering' ?

Ketika serangan jamur sudah sedemikian parah, bersihkan lukisan denga menggunakan sikat gigi yang berbulu agak halus. Lalu cuci lukisan menggunakan sedikit air dan pasta gigi atau baking soda.

Hati hati, pastikan air tidak mengenai bagian belakang kanvas. Siapkan kain bersih untuk mengelap permukaan lukisan. Lakukan semua itu dengan lembut, agar tidak merusak lapisan cat minyak di lukisan.

Jemur lukisan di bawah sinar matahari setelah selesai. Kalau pas musim hujan, alternatifnya bisa dengan di kipasi dengan kipas angin atau blower agar cepat kering dan memastikan tidak ada kadar air yang tertinggal disana.

Mencegah Jamur Balik Lagi Sebelum Lukisan Siap Di Finishing Dengan Varnish

Kata para bijak 'Mencegah lebih baik daripada mengobati' ya benar sekali dan itu pun berlaku untuk masalah serangan jamur di lukisan cat minyak.

Cara mencegah agar lukisan cat minyak tidak terserang jamur adalah dengan menjauhkanya dari tempat dan hawa yang lembap.

Jika tembok rumah anda kadar kelembapanya terlalu tinggi, coba tempatkan lukisan di dekat jendele atau dekat ventilasi. Atau tempatkan lukisan di ruangan yang banyak sinar matahari bisa masuk.

Kalau pas musim hujan, cek apakah ada tanda tanda munculnya jamur pada lukisan. Jika ya, langsung bersihkan dan ketika cuaca cerah jemur lukisan dibawah sinar matahari.

Dan kalau pas musim kemarau, usahakan lukisan selalu bersih dari debu. Karena kalau tidak rajin membersihkan lukisan dari debu, lukisan yang belum di finish dengan varnish khusus lukisan. Maka debu tersebut akan menempel dan susah untuk di bersihkan. Karena sifat cat minyak memang lengket.

Debu adalah musuh kedua lukisan cat minyak yang belum di varnish selain Jamur.

Finishing Lukisan Anda Sendiri Dengan Varnish

Itu dia! ketika lukisan anda sudah siap di finishing dengan varnish khusus lukisan. Maka yang tinggal anda lakukan adalah membersihkan permuka'an lukisan lalu oles atau semprotkan varnish lukis diatas lukisan anda.

Jangan terlalu tebal, secukupnya saja. Setelah lapisan pertama kering (biarkan kering sekitar tiga sampai empat jam) lalu ulangi proses dua atau tiga kali.

Dan lukisan anda pun akan jadi awet hingga bertahun tahun dan bebas jamur. Setelah 100% kering lukisan anda siap untuk kembali dipajang dan mempercantik interior rumah anda.

Saran saya, agar mudah prosesnya gunakan jenis varnish semprot jika ingin melakukannya sendiri. Kalau ingin pakai kuas saja silahkan lihat video demonstrasi cara varnishing lukisan cat minyak di bawah.

Komentar