18 Januari 2019 /

Melukis Dengan Cat Minyak - Peralatan Yang di Butuhkan


Cat minyak

Dulu ketika memulai melukis menggunakan media cat minyak. Saya memulainya dengan cara yang sulit. Bahkan bisa di bilang salah kaprah.



Waktu itu, saya bahkan melukis menggunakan cat minyak tanpa menggunakan linseed oil. Dan hanya menggunakan thinner yang biasa di pakai untuk mengecat kayu sebagai pengencernya.

Kuas yang saya pakai waktu pertama kali memulai melukis dengan cat minyak pun, adalah kuas standard yang biasa di jual di toko bangunan.

Pokoknya peralatan yang saya pakai serba ala kadarnya waktu itu. Dan ya saya sempat frustasi juga, karena hasil lukisan jadi tidak pernah maksimal.

Semua berubah ketika saya menemukan peralatan melukis yang layak dari internet. Lukisan saya jadi lebih ada kemajuan dan melukis pun jadi lebih santai karena peralatannya mumpuni.

Yang saya maksud dengan peralatan yang 'mumpuni' adalah seperti kuas yang memang khusus untuk digunakan melukis dengan cat minyak, Pisau palete dll.

Nah, di artikel ini saya akan menuliskan daftar peralatan untuk melukis dengan cat minyak. Jadi anda tidak harus mengalami perjuangan yang cukup berat seperti saya untuk mengembangkan kemampuan melukis anda.

Karena ketika anda tau alat apa yang di perlukan. Yang pasti akan mempermudah anda dalam berkarya pastinya.



Peralatan yang di butuhkan untuk melukis dengan cat minyak

Berikut adalah daftar peralatan yang anda perlukan untuk melukis dengan cat minyak:

Kuas untuk cat minyak

Karena sifat cat minyak yang seperti pasta yang pasti anda memerlukan kuas yang memang di design sesuai karakteristik cat minyak.

Yang pasti bulu kuas-nya lebih kaku dan kuat untuk bisa membawa cat minyak yang kental seperti pasta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa lihat video di bawah contoh kuas yang saya pakai untuk melukis dengan cat minyak.


Pssst ... jangan lupa Subscribe ya :)

Salah satu contoh set kuas yang bagus untuk melukis dengan cat minyak adalah seperti yang ada di Bukalapak berikut.

Anda juga masih memerlukan jenis kuas dengan bulu lembut untuk menghaluskan atau menghilangkan glare. Kuas flat dengan ukuran sekitar 2 sampai 4 inch untuk wash atau untuk melukis di bidang yang luas.

Coba experiment juga dengan berbagai jenis kuas lain seperti fan brush, kuas sudut dll. Yang pasti cari yang khusus untuk cat minyak.

Perlu di ingat bahwa sebagai pelukis "Kuasmu lebih sakti dari pada pedang!"

Kanvas lukis

Kanvas lukis ada beragam jenis dan merk. Mulai dari kanvas linen yang ..ehem mahal. Kanvas standard dari bahan cotton sampai yang paling murah.


Bisanya tersedia dalam roll atau siap pakai (sudah di bentang di spanram).

Saran saya, kalau untuk kebutuhan study atau latihan gunakan canvas yang murah saja. Tapi pakai kanvas cotton standard untuk membuat lukisan yang untuk di jual.

Anda bisa juga memakai kanvas panel yang terbuat dari bahan masonite board atau MDF. Bisa beli yang sudah jadi atau buat sendiri.

Untuk artikel tentang cara membuat panelboard lukis sendiri bisa dibaca di sini.
Mengenai harga kanvas bisa di cek di halaman toko Bukalapak berikut.

Easel

Untuk melukis di kanvas pastinya anda butuh yang namanya Easel Lukis (tempat dudukan kanvas). Bisa menggunakan Easel meja atau Easel standard untuk melukis sambil berdiri.

Kalau dulu saya pakai easel kayu, sekarang saya pakai Easel aluminum yang bisa di lipat dan bisa di bawa kemana mana dengan mudah untuk melukis di luar ruangan/ plein air.

Palette

Tempat untuk mixing / nyampur warna. Yang pasti anda butuh palette untuk tempat mencampur warna. Bisa menggunakan palette khusus lukis atau bisa menggunakan alternative lain seperti papan dari mika.

Pisau palette

Alat yang umum di gunakan untuk mencampur warna di palette lukis. Bisa juga di gunakan untuk membuat texture atau efek dan meratakan cat minyak di kanvas.

Biasanya di jual per set atau satuan. Coba cek di halaman toko Bukalapak berikut untuk cari pisau palette yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Medium

Medium yang biasa di gunakan untuk melukis dengan cat minyak adalah Linseed oil dan Turpentine.
Linseed oil di gunakan untuk membuat cat minyak lebih encer tanpa mengurangi karakter cat minyak itu sendiri yang elastis.

Sedang Turpentine di gunakan untuk benar benar membuat cat minyak jadi encer. Biasa di pakai di tahap awal pewarna'an dalam proses melukis atau istilahnya Underpainting.

Turpentine bisa juga di campur dengan linseed oil untuk membuat cat minyak jadi lebih cepat kering. Dan bisa juga di gunakan untuk membersihkan kuas.

Jenis medium lukis yang mempunyai keguna'an yang sama dengan turpentine adalah Mineral white spirit.

Oil color (Cat minyak)

Tentunya untuk mulai melukis dengan cat minyak pastinya anda butuh cat minyak. Bukan cat minyak yang untuk ngecat kayu atau besi loh ya. Cat minyak khusus melukis ini berbeda dengan cat kayu.

Cat minyak atau Oil color memang di buat khusus untuk melukis dan awetnya bisa tahan hingga ratusan tahun.

Anda bisa beli satu set atau satuan. Kalau yang harganya terjangkau bisa pakai merk Maries. Kalau yang mahalan ada merk Rembrant, Winton dll.

Untuk mencari cat minyak anda bisa browsing di halaman Bukalapak berikut.

Lain lain

Alat alat lain yang mungkin anda butuhkan untuk kegiatan berkreativitas anda adalah:
Diper - Tempat menaruh linseed oil dan turpentine.

Varnish khusus lukisan- Medium untuk finishing lukisan

Paper towel - Untuk membersihkan kuas dari cat ketika melukis. Alternative yang bagus jika anda tidak ingin memakai kain.

Ruangan khusus melukis (Studio lukis) - Kalau bisa buat ruangan khusus untuk studio lukis anda.


Kesimpulan

Nah, itu dia peralatan basic yang anda perlukan untuk mulai melukis dengan cat minyak.
Semoga artikel ini bermanfa'at dan bisa jadi referensi untuk teman teman sesama pelukis atau teman teman yang ingin mulai melukis menggunakan cat minyak.

Dan pastinya dengan alat yang mendukung, kerja jadi lebih rilex. Dan tidak seperti saya dulu yang salah alat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar