You are here: Home / Memahami Jenis Dan Seri Cat Minyak Untuk Melukis

Memahami Jenis Dan Seri Cat Minyak Untuk Melukis

/
Jenis cat minyak

Sebelum membeli cat minyak untuk melukis, akan lebih baik jika anda memahami jenis atau seri dari cat minyak itu sendiri. Jadi anda tahu memilih seri apa yang sesuai kebutuhan anda dalam melukis.
Terlepas dari merk apa yang anda favoritkan, cat minyak yang ada di pasaran pada umumnya punya tiga series. Dan hampir semua produsen /perusaha'an cat minyak mempunyai tiga seri ini di produk mereka.

Pada dasarnya cat minyak di buat dari tiga bahan dasar yaitu Pigment warna, Filler dan Linseed oil.

Berikut akan saya coba terangkan ketiga jenis/seri dari cat minyak berdasar harga, kualitas, isi dan fungsi khusus mereka.

Tiga series Cat minyak/Oil color yang ada di pasaran

  1. Dari ketiga jenis cat minyak yang ada yang paling murah adalah 'Student series'
  2. Kalau yang agak bagusan dan standard untuk di gunakan professional menurut mutu dan kualitasnya adalah 'Artist series'
  3. Yang paling bagus dan ya! harga juga lumayan mahal adalah 'Master series'

Seri cat minyak menurut isi dan kualitas

  • Student series - Cat minyak berdasar student series biasanya banyaknya filler dan pigment warna perbandinganya kurang lebih adalah 50% - 50%
  • Artist series - Perbandingan antara filler dan pigment bisa di ambil mudahnya kira kira pigment = 70% sedang fillernya = 30%
  • Master series - Tergantung dari merk, kalau yang Master series mungkin pigmentnya bisa 70% sampai 80% dan sisanya tentu saja filler dan linseed oil.

Memilih seri cat minyak berdasar fungsi terbaiknya

Tergantung dari untuk tujuan apa lukissan tersebut seri cat minyak memiliki fungsi terbaiknya di seri masing masing.

Misalnya saja, untuk kebutuhan study atau untuk pemula maka 'Student series' adalah pilihan yang pas.

Sedang kalau untuk membuat Master piece menggunakan 'Master series' merupakan pilihan yang bijak.

Untuk 'Artist series' bisa di gunakan untuk lukisan yang sifatnya komersil. Meskipun kualitas warna tidak se-super Master series cat minyak artist series juga lumayan oke untuk membuat karya Master piece anda.

Ketiga seri cat minyak tersebut biasanya di jual per set maupun satuan. Dan ya merk memang lagi lagi bicara. Semakin bagus merk-nya maka semakin baik kualitas dan tentu saja harga juga lebih mahal.

Merk cat minyak yang kualitasnya terkenal bagus tapi agak mahal adalah seperti Winton Newton dan Rembrant.

Kalau cari cat minyak yang cukup bagus tapi harga juga cukup terjangkau, Maries color bisa dijadikan pilihan.

Catatan

Sekarang anda tahu kan mana dari seri cat minyak yang bisa anda gunakan menurut fungsi terbaiknya masing masing.

Jadi anda tidak buang buang biaya karena salah pilih seri cat minyak. Kalau hanya untuk study atau latihan dan memakai Master series yang mahal kan sayang sekali. Cat mahal tapi di buang buang hanya untuk eksperiment.

Untuk teman teman yang baru belajar menggunakan cat minyak lebih baik gunakan cat miyak yang Student series (Regular series). Karena harga cukup murah. Setelah anda mahir memakai cat minyak bisa pindah ke artis series atau master series untuk membuat master piece anda.

Perlu di catat ya saudara saudara, bahwa pecentasi antara banyak sedikit antara Filler dan Pigment warna yang di terangkan di atas semata hanya garis besar saja dan tidaklah akurat. Karena beda merk beda juga resep si produsen cat minyak tersebut.

Tapi paling tidak, sekarang anda jadi 'Ngeh' kira kira seperti itu isi dari setiap seri dari Cat minyak berdasar fungsi khusus dan kualitasnya.

Ok, semoga info ini bermanfa'at.

Selamat berkarya! Salam 🙏🏻

Komentar